Ciri-Ciri Wanita Hamil

Apakah saya hamil? Inilah pertanyaan yang biasa wanita muda tanyakan etelah 1 bulan pernikahannya? Banyak sekali para pasangan pengantin muda yang belum mengetahui apakah pasangannya hamil atau tidak. Bahkan sekalipun sang wanitanya. Tingkat Pengetahuan mereka akan ciri-ciri kehamilan masih sangat minim. Pada setiap wanita yang telah berkeluarga pengetahuan akan kehamilan wajib diketahui.

Berikut sepuluh tanda-tanda kehamilan yang perlu anda ketahui adalah sebagai berikut:



"test pack untuk mengecek kehamilan"


Tanda Kehamilan Pertama
Dua buah payudara membengkak

Hal ini ditandai dengan membengkaknya ukuran payudara dari ukuran normal dan sedikit nyeri akibat meningkatnya kadar hormon dalam tubuh. Namun, rasa ketidaknyamanan akan terjadi setelah trimester pertama (3 bulan pertama).
Tanda Kehamilan Kedua
Merasa lelah dan letih

Penyebabnya belum diketahui secara pasti. Namun, dimungkinkan karena adanya peningkatan kadar hormon progesteron yang menyebabkan si calon ibu mengantuk.
Tanda Kehamilan Ketiga
Terjadi pendarahan atau flek

Salah satu ciri kehamilan yang terjadi pada beberapa wanita adalah timbulnya pendarahan pada 11-12 hari setelah pembuahan. Hal ini terjadi karena sel telur yang telah dibuahi yang masuk ke dalam lapisan yang kaya akan darah di uterus Anda. Pendarahan yang terjadi tidak banyak, biasanya tampak seperti noda merah, pink atau agak kecoklatan dan berakhir dalam 1-2 hari. Sebaiknya segera hubungi dokter jika anda mengalami pendarahan yang diikuti dengan rasa sakit, karena mungkin hal tersebut merupakan tanda kehamilan ektopik (kehamilan di luar kandungan).
Tanda Kehamilan Keempat
Mual dan muntah

Banyak wanita mengalami mual dan muntah pada 3 bulan pertama kehamilan. Gejala ini dikenal sebagai morning sickness, gejala ini bisa terjadi kapan saja sepanjang hari. Mual dan muntah adalah hal biasa di awal kehamilan. Beberapa wanita membutuhkan waktu yang lebih hingga rasa mualnya benar-benar hilang.
Tanda Kehamilan Kelima
Lebih sensitif terhadap bau-bauan

Arom-aroma tertentu (yang biasanya menyengat) terkadang menimbulkan ketidaknyamanan bagi sebagian wanita hamil. Hal ini dimungkinkan ini akibat meningkatnya kada estrogen pada tubuh.
Tanda Kehamilan Keenam
Perut kembung

Perut kembung seperti yang dirasakan pada beberapa wanita sebelum datang bulan dapat disebabkan karena perubahan hormonal. Karena itulah, terkadang baju terasa sempit pada bagian pinggang meskipun kandungan masih kecil.
Tanda Kehamilan Ketujuh
Lebih sering buang air kecil

Hal ini terjadi karena pada masa kehamilan, jumlah darah dan cairan tubuh meningkat sehingga cairan yang diproses di ginjal juga meningkat yang akhirnya bermuara ke saluran kencing anda. Biasanya gejala ini muncul di awal minggu ke 6 hingga trimester pertama. Anda akan semakin rajin buang air kecil seiring dengan semakin bertambahnya usia kehamilan dan pertumbuhan bayi yang semakin menekan kantung kencing.
Tanda Kehamlian Kedelapan
Terlambat datang bulan

Jika anda memiliki siklus mensruasi yang cukup teratur kemudian tiba-tiba menstruasi anda terlambat, anda dapat mencoba melakukan test kehamilan meskipun anda belum merasakan gejala-gejala tersebut sebelumnya. Akan tetapi jika menstruasi anda tidak teratur, maka tanda-tanda sebelumnya dapat dijadikan pertimbangan kemungkinan kehamilan pada diri anda.


Cara Cepat Hamil
Tanda Kehamilan Kesembilan
Terjadinya kenaikan suhu tubuh

Hal ini terjadi selama 18 hari dan merupakan tanda bahwa anda hamil.
Tanda Kehamilan Kesepuluh
Tanda positif pada hasil test kehamilan

Anda dapat melakukan pemeriksaan sendiri kehamilan anda . Anda dapat menggunakan testpack yang cukup sensitif membaca tanda kehamilan hingga kurang lebih seminggu setelah terlambat datang bulan. Jika anda melakukan tes lebih awal hasilnya negatif, ada baiknya jika anda mencoba tes lagi beberapa hari berikutnya. Jika pada akhirnya anda menemukan hasil positif, maka periksalah ke dokter untuk lakukan tes lanjutan.
Mudah-mudahan tips ciri-ciri orang hamil sangat bermanfaat untuk anda.