Perkembangan Anak Usia 1 Bulan

Apa yang Terjadi Hingga Usia Bayi 1 Bulan?

Kita perlu mengamati, bagaimana si buah hati tumbuh. Dari sejak bayi pertumbuhan bayi baru lahir sampai dengan usia bayi berumur 1 bulan. Amati ya Bu, bagaimana si bayi tumbuh, baik itu pertumbuhan fisik bayi sudah mulai kelihatan. Bayi sudah tidak terlihat mengkerut lagi. Walaupun kaki bayi masih kelihatan bengkok, kini sang bayi sudah mulai dapat mengangkat kepala sedikit ketika buah hati tengkurap.  Tangan bayi masih suka mengepal dan akan menggenggam apapun yang disentuhnya secara otomatis. Ini adalah refleks alami yang dimiliki bayi sejak bayi dilahirkan.

Pada umur 1 bulan, bayi sudah mulai menggumam, mengeluarkan suara seperti mendengkur, dan juga berdengung untuk mengungkap perasaannya. Sebagai orang tua, ibu disarankan untuk menanggapi semua yang diungkapkan oleh bayi. Beberapa bayi, bahkan dapat bersuara seperti menjerit dan juga tertawa.  Tatap matanya dan bayi akan lebih gembira jika kita berbicara kepadanya. Jangan merasa aneh untuk berbicara dengan bayi, karena ini adalah langkah awal untuk belajar bicara dan memahami kemampuan bahasa bayi.

Seiring dengan bertambahnya usia bayi gerak refleks yang dimiliki bayi saat dia baru lahir akan semakin bertambah.  Kini ia bahkan sudah mengerti bahwa ia melakukan sesuatu untuk tujuan tertentu.  Misalnya ia akan menendang-nendang ketika dia lapar. Bukankah ini sesuatu yang hebat?

Bermain dan Mengenali Anggota Tubuhnya

Bermain adalah cara terbaik bagi bayi dengan dunia yang baru.  Gunakan mainan yang berwarna kontras atau buku-buku tentang wajah bayi.  Mainan ini akan menarik perhatian bayi. Coba angkat tangan bayi ke atas kepalanya, hitung jari-jari bayi sembari menyentuhnya untuk mengenalkan kepada anggota tubuh bayi. Si bayi akan mengamatinya. Bayi sudah bisa menggenggam.  Jari kelingking kita bisa menjadi mainan favorit bagi bayi.  Bayi akan menendang-nendang dan bersuara mengguman yang menandakan dia mengajak kita mengobrol.

ASI untuk Si Bayi Umur Satu Bulan

Saat ini kebutuhan bayi akan ASI akan semakin meningkat, sehingga bayi akan sering meminta ibu untuk menyusuinya.  Ia akan mudah sekali merasa lapar, sehingga jadwal menyusui yang sudah diatur harus disesuaikan dengan kebutuhan bayi.  Imbangi juga kebutuhan menyusui bayi yang terus meningkat, dengan asupan makanan bergizi, agar produksi ASI ibu menjadi lancar dan kesehatan juga menjadi tetap prima.

Bagaimana bayi berkomunikasi? Menangis adalah bentuk komunikasi utama dari bayi berumur 1 bulan. Akan tetapi bayi sudah dapat mengeluarkan suara seperti bergumam, mendengkur, berdengung, atau bahkan tertawa ketika dia senang ataupun kenyang. Bila bayi menangis, segeralah untuk menghampirinya, jangan ragu juga untuk menanggapi ocehan bayi. Ada beberapa arti dari tangisan bayi yang dapat dikenali oleh ibu, diantaranya adalah :
  • Lapar: Perut bayi sangat kecil sehingga tidak dapat diisi terlalu banyak, sehingga menyebabkan ia cepat lapar. Menangis adalah cara bagi bayi untuk memberitahukan ibu, bahwa ia ingin menyusu.
  • Sakit: Ketika hidung bayi tersumbat disebabkan flue, peruta kembung, kolik atau demam, bayi akan menangis.  Periksa panas badan bayi, segera bawa ke dokter untuk tindakan lebih lanjut.
  • Popok Basah/Kotor: Jika popok bayi basah atau kotor, bayi akan merasa tidak nyaman, sehingga dia akan menangis.
  • Kaget: Bayi akan merasa kaget / terkejut apabila mendengar suara keras atau gerakan yang tiba-tiba.
  • Bosan: Bayi akan menangis jika dia merasakan bosan, segera gendong atau timang bayi untuk segera menenangkannya kembali.

Perkuat Ikatan Batin dengan Bayi Ibu

Bayi akan senang jika ibunya berada di dekatnya.  Gerakan kaki dan tangan bayi dengan lembut dan terus lakukan dengan memijat untuk mendekatkan hubungan kita dengan bayi.  Peluklah bayi dengan erat ketika sedang menyusui, timang-timang dan gendong sambil diajak untuk berbicara dengan suara yang lembut sehingga bayi merasa dicintai dan juga dilindungi.  Kedekatan fisik dapat membantu memperkuat ikatan batin dengan bayi.

Perkembangan Penglihatan Bayi Ibu

Pada usia satu bulan, penglihatan bayi sudah mulai berkembang. Walaupun masih sangat terbatas tapi saat ini ia sudah dapat berinteraksi dengan lingkungan.  Bayi sudah dapat menatap wajah ibu dan melotot.  Bayi juga sudah mulai tertarik terhadap benda-benda bergerak dan wajah kita. Ajaklah bayi untuk bermain dengan mainan-mainan yang berbunyi dapat membantu kita untuk melakukan permainan. Gerakan mainan yang berbunyi di dekat mata bayi, gerakan ke kiri dan ke kanan, atau ke atas dan ke bawah, mendekat dan menjauh. Bukankah gampang?

Setiap Bayi Berbeda Satu Sama Lain

Yang perlu diingat adalah bahwa setiap bayi berbeda antara satu dengan yang lain. Tahap-tahap perkembangan dan pencapaian yang berhasil dicapai oleh bayi mungkin akan berbeda.  Jadikan tahap pencapaian sebagai panduan, akan tetapi jangan khawatir apabila bayi kita sedikit terlambat.