6 Kunci Sukses Menjadi Orang Tua yang Baik

Hal yang sangat penting bagi orang tua adalah bahwa semua ajaran yang diberikan pada anak-anaknya akan memotivasi anak secara alami dan menumbuhkan rasa percaya diri dan menghargai diri sendiri. Ajaran-ajaran yang diberikan orang tua oleh kedua orang tua juga akan membuat anak-anak merasa diperhatikan dan kasih sayang yang cukup dari kedua orang tuanya.  Apabila anak sudah mendapatkan perhatian dan kasih sayang yang cukup dari orang tuanya, maka orang tua tidak perlu khawatir anak-anak mereka terlibat dengan kumpulan gangster, drugs, dan kenakalan remaja lainnya. 
Informasi berikut adalah kunci sukses menjadi orang tua yang baik :


Gunakan ‘natural consequences
Natural consequences yang dimaksud di sini adalah dengan membiarkan anak untuk mendapatkan akibat dari yang akan dihadapinya, jika si anak melakukan sesuatu yang menjadi pilihannya. Contohnya adalah tatkala anak lupa untuk membawa bekal untuk makan siangnya, ibu tidak perlu untuk membawakannya bekal.  Dan jadikan pengalaman ini sebagai sebuah pelajaran bahwa mengingat sesuatu itu sangatlah penting, jangan sampai lupa.

Utamakan perbuatan bukan ‘kata’
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dalam 24 jam orang tua memberikan 2000 perintah.  Cara memerintah yang baik adalah dengan memberikan contoh perilaku dan perbuatan yang seharusnya dilakukan oleh anak.  Misalnya jangan hanya memerintahkan anak untuk membersihkan sepatu setelah memakainya.  Ibu atau orang tua dapat memberitahukan bagaimana cara merapikan sepatu yang baik kepada sang buah hati.

GEMS (Genuine Encounter Moments)
GEMS adalah salah satu dari kunci sukses menjadi orang tua yang baik, karena hasilnya anak akan merupakan salah satu kunci sukses menjadi orang tua yang baik karena sang anak akan mendapatkan rasa untuk menghargai diri sendiri dari adanya kualitas waktu yang dihabiskan oleh kedua orang tuanya untuk bergaul dan berkomunikasi secara langsung dengan sang anak. Waktu  yang berkualitas yang dimanfaatkan orang tua dengan anaknya lebih utama dibandingkan dengan dengan banyaknya waktu waktu yang dihabiskan bersama anak.

Jadilah orang tua yang konsisten
Orang tua harus memberikan contoh yang konsisten kepada anak. Sebagai contoh, ketika orang tua tidak dapat membelikan permen untuk anaknya, orang tua tidak perlu memberikan janji bahawa sang ibu / ayah akan membelikan permen.
Biarkan anak merasa ‘kuat’ (powerful)
Kunci sukses menjadi orang tua berikutnya adalah dengan membiarkan anak mempunyai kekuatan di dalam mengambil keputusan, dan mempunyai pilihan, dan lain sebagainya.  Contohnya adalah membiarkan anak untuk memilih menu makanan yang akan di bawa ke sekolah atau membantu sang ibu untuk membantu berbelanja. Akan tetapi pengawasan sepenuhnya tetap ada di tangan orang tua.

Menghindari Konflik dengan anak
Anak-anak pada kenyataannya, emosinya tidak stabil.  Jika anak mulai marah dan berteriak-teriak kepada kita, kita dapat menghindarinya dengan cara berpindah tempat dan posisi kita semakin jauh dengan anak.  Jika anak masih marah dan tetap berteriak, bergeraklah semakin menjauh, dan katakan pada anak jika anak masih berteriak dan menangis, ibu akan semakin menjauh dengan anak. Cara seperti ini adalah cara yang lumayan efektif untuk meredakan emosi sang anak.