3 Hal Penting Sebelum Bangun Tidur


Makassar-Apa hal pertama yang Anda lakukan saat bangun di pagi hari? Jika itu merupakan hari kerja, Anda mungkin berkali-kali mematikan alarm, atau bangun terburu-baru dalam keadaan panik, atau berusaha menyemangati diri sendiri untuk segera keluar dari rumah dan berangkat bekerja.

Atau menemukan diri berada di kamar mandi tanpa menyadari kapan Anda berjalan ke sana. Apakah semua itu terdengar familier bagi Anda?

Ternyata, ada beberapa gerakan sederhana yang dilakukan sebelum bangun tidur dapat membuat diri Anda lebih santai dan tenang sepanjang hari dibandingkan membuat diri merasa stres dan terburu-buru sepanjang pagi.

Dikutip dari laman Youbeauty, seorang psikoanalis, Jack Wiener, meyakini hal terpenting yang dapat Anda lakukan segera setelah bangun tidur adalah mengumpulkan kesadaran secara perlahan-lahan. Dengan begitu Anda pun mampu mengatasi tekanan fisik dan mental sepanjang hari selama beraktivitas.

"Saat tidur, tubuh memasuki alam pikiran," kata Weiner menjelaskan kala tertidur otot-otot bekerja dengan tingkatan yang paling minim. Dengan kata lain Anda tidak sadarkan diri.

Namun saat Anda merasa stres dan lelah sepanjang hari, otot-otot tubuh pun akan terasa tegang dan membuat Anda sulit bernapas. Ujungnya pun bisa memberikan pengaruh buruk sepanjang hari.

Jika Anda bisa merelaksasikan diri dari tekanan,  kata Weiner, stres pun bisa dihadapi. Dan Anda akan merasa lebih sadar secara emosional.

Menurut Weiner, dengan melakukan 3 gerakan sederhana ini sebelum beranjak dari tempat tidur, Anda dapat menghilangkan kekhawatiran dan kelelahan. Apa saja itu?

1. Gerakkan tangan dan kaki


Saat masih berada di tempat tidur, gerakkan telapak kaki dengan gerakan tegak lurus dan menunjuk ke depan secara perlahan. Lakukan gerakan ini selama 15-30 detik. Ini merupakan gerakan awal untuk mengembalikan kesadaran diri. Selanjutnya jari-jari tangan dan lakukan gerakan buka tutup telapak tangan selama 15-30 detik.

2. Pijakan kaki
Letakkan telapak kaki di lantai dalam keadaan sadar. Berdirilah selama beberapa waktu hingga Anda telah merasakan kaki berpijak di atas lantai.

3. Lakukan peregangan
Setelah itu lakukan peregangan otot secara perlahan. Hilangkan ketegangan pada otot leher dan bahu. Semakin Anda tersadar, semakin baik Anda memulai hari.