Cara install Windows 7 ke External USB Harddisk

Punya netbook yang tidak ada harddisk didalamnya dan kepengen memakai windows 7 (ultimate) lengkap dengan memakai harddisk eksternal? Ada yang mencoba untuk menginstall windows 7 ke harddisk external USB dan tidak berhasil, dan ada yang bilang bisa (berhasil). Secara default, windows emang tidak mengizinkan kita untuk menginstall windows ke USB harddisk eksternal, dan akan nongol pesan error seperti berikut:
Windows Cannot be installed to this disk. Setup does not support configuration of or installation to disk connected through a USB or IEEE 1394 port.
Meskipun windows mengenali dan menampilkan drive USB pada tampilan proses instalasi akan tetapi tidak memungkinkan kita untuk memilih drive usb tadi. Jika kita ingin menginstall windows pada eksternal harddisk, silahkan simak langkah langkah dibawah ini.

Prosedur ini sederhana, tetapi pertama kita perlu menginstal Windows Automated Installation Kit untuk mendapatkan beberapa file.
Alat yang diperlukan:
  • Sebuah Harddisk eksternal yang diformat dengan partisi NTFS
  • Instalasi file Windows 7. (Jika punya file .ISO windows 7, mount lah dengan memakai program virtual cd kesukaan masing2)
  • Windows Automated Installation Kit (Download gratis dari microsoft)
Catatan: Pastikan isi ruang eksternal harddisk masih tersisa sekitar 15GB ( atau lebih ) sebelum memulai prosedur ini, meskipun tidak disarankan untuk menghapus seluruh isi harddisk eksternal anda, pastikan bahwa file file penting didalamnya telah dibackup terlebih dahulu.
Prosedurnya:
  1. Buat lah dua folder dengan nama Windows Files dan WAIK Files di desktop atau tempat lain yang mempunyai ruang kosong minimal 5GB.

  2. Download file ZIP, kemudian ekstraklah semua isinya kedalam folder WAIK Files, sebelum memulai prosedur sebenarnya, kita memerlukan tiga buah file: cdboot.exe, Bootsect.exe dan Imagex.exe. ketiga file tadi hanya dapat ditemukan setelah kita menginstall indows Automated Installation Kit untuk Windows 7 pada PC windows kita. Setelah kita menginstall indows Automated Installation Kit, temukan ketiga filenya copy dan masukkan kedalam folder WAIK Files yang telah kita buat tadi spt pd langkah no-1.
  3. Jika belum punya CD instalasi WAIK tadi (atau males downloadnya karena lumayan gede filenya – 1,7GB!!) Silahkan download ajah linknya diakhir artikel ini:

  4. Copy lah semua isi DVD windows 7 kita kedalam folder Windows Files.
  5. Langkah selanjutnya, jalankan file Installer.cmd, yang berada didalam folder WAIK Files, jalankan sebagai hak akses Administrator ( Klik kanan filenya dan pilih “Run as Administrator”). Pada tampilan pertama layar, kita akan ditanya untuk menekan tombol “Enter” untuk melanjutkan.
  6. Tekan tombol Enter untuk mencari file instalasi install.wim yang berada didalam folder Windows Files, file dapat ditemukan pada folder:
    Windows Files/Sources/install.wim


  7. Sekarang kita harus memilih edisi windows 7 yang kita inginkan, misalkan kita mau menginstall windows 7 ultimate pada external usb harddisk dengan cara mengetikkan sesuai angka dibelakangnya. Contoh: ketikkan angka “5″ (tanpa tanda kutip) untuk memilih edisi ultimate.

  8. Selanjutnya ketikkan hurup drive eksternal harddisk kita dan tekan Enter. Misalkan Harddisk eksternal kita berhurup L ( Ketik L lalu tekan Enter)

  9. Sekarang ketikkan Partisi yang lagi aktiv saat ini dan tekan Enter, biasanya C:. Untuk mengetahuinya dapat menggunalan tool Windows Disk Management (ketikkan diskmgmt.msc di kotak pencarian pada start menu windows 7)


  10. Akhirnya, proses instalasi akan menanyakan apakah kita akan menginstall windows 7 pada harddisk eksternal usb kita, tekan tombol Y untuk melanjutkan.

  11. Akhirnya tekan tombol Enter untuk memulai mengekstrak file install.wim. Proses ini bisa memakan waktu yang agak lama. Kemudian kita akan ditanya untuk me-restart komputer kita dan proses penginstallan windows akan berjalan normal seperti biasa.


  12. Reboot PC kita, dan ikuti langkah2 penginstallan windows 7 biasanya pada eksternal harddisk. Komputer kita mung akan restart dua hingga tiga kali.
  13. Dengan catatan, proses penginstallan ini akan lebih lambat dari biasanya dikarenakan kita menginstall nya pada USB harddisk.
  14. Sesudah itu, barulah kita dapat menginstall driver untuk masing2 hardware yang ada di komputer kita untuk memulai menggunakan sofwer windows 7 yang kita cintai.                              Sumber:  http://www.hong.web.id/tutorial/cara-install-windows-7-ke-external-usb-harddisk